RANI-BWRani Rachmani Moediarta lahir di Majalengka, menghabiskan sebagian besar masa kecil dan remajanya di Pontianak dan Singkawang. Selepas SMA di Majalengka, ia kuliah di Bandung, lalu bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Pulau Galang, Riau. Selama belasan tahun kemudian ia menjadi wartawan di Jakarta sebelum akhirnya menetap di Bali hingga kini.

Selama menjadi wartawan di tiga media Ibu Kota, ia meraih beberapa kali penghargaan nasional dan satu penghargaan internasional untuk tulisan bertema kesehatan. Ketika kariernya menanjak tajam, tiba-tiba ia merasa jenuh dengan keramaian yang tak terhindarkan dalam bidang kerjanya, ingin lebih banyak bersendiri dalam sunyi. Ia undur diri dari media tempatnya bekerja dan memilih menjadi penulis lepas, berharap dapat memuaskan hobinya menulis fiksi.

Titik Balik adalah novelnya yang ketiga, berkisah tentang pengalamannya mengurai kegelisahan hidup dalam perjalanan terpanjang ke tempat yang justru paling dekat: diri sendiri. Layaknya pesan tersembunyi dalam judulnya, ia berharap novel ini menjadi cikal-bakal perjalanan karya-karyanya selanjutnya, yang ingin banyak mengisahkan perjalanan spiritual anak manusia sepanjang masa. Seturut tema yang diangkatnya, yaitu kemanusiaan yang tunggal dan mahaluhur, ia mendamba karyanya tidak saja dibaca oleh orang-orang sebangsanya, melainkan juga oleh segenap ras manusia di dunia.

 

Perempuan periang yang tak pernah lelah jatuh cinta dan punya kegemaran jalan-jalan sore dengan anjingnya ini bisa dihubungi secara personal di: ranibali2011@gmail.com. Bagi yang ingin mengikuti percikan-percikan pemikirannya secara reguler, ia bisa dijumpai di akun Facebooknya: https://www.facebook.com/ranibali2011.

 

 

10 buku laris javanica 2023

0
0
0
0
WhatsApp chat