ken budhaKen Budha lahir pada tahun 1973, di bawah naungan bintang Scorpio, yang menurutnya menjadi biang keladi dari kegemarannya mengorek-ngorek segala hal yang dilabeli “misteri”. Sejak membaca karya J.R.R. Tolkien pertama kali semasa SMA, ia telah jatuh cinta dengan genre fantasi medieval. Semenjak itu, ia tak pernah melewatkan peluang untuk membaca semua buku yang di dalamnya terdapat para kesatria berkuda, para penyihir, hewan-hewan ajaib, dan senjata-senjata mustika. 

Berkat kecintaannya kepada segala yang berbau zaman kuno ini pulalah ia menggemari sejarah. Koleksi bukunya, baik cetak maupun elektronik, diisi dengan kisah-kisah peradaban kuno dari segala penjuru bumi, terjemahan naskah-naskah klasik dari pujangga-pujangga kuno dan analisis ilmiah atas peradaban-peradaban itu.

Gagasan untuk menulis Shangri-La muncul ketika ia mengunjungi Himalaya pada tahun 2008. Sayangnya, ia tak sempat menginjakkan kaki pada salah satu bentang alam paling menakjubkan itu; hanya sempat mengamatinya dari perbukitan Gurkha, beberapa kilometer dari puncak Anapurna, salah satu puncak tertinggi Himalaya. Banyaknya kisah yang didengarnya ketika mengobrol di kedai teh susu khas Himalaya memberinya ide kasar pertama untuk sebuah novel yang mengambil seting di Tibet. Pemuda pengembara ini bisa dihubungi secara personal di: ken.ndaru@gmail.com.

0
0
0
0
WhatsApp chat